Setiap Kota pasti memiliki satu ciri khas dan daya tariknya tersendiri. Ciri khas dan daya tarik ini yang kemudian menjadi sebuah julukan bagi sebuah kota. Misal, Jogja kita kenal sebagai Kota Pelajar, asal muasal dari julukan itu adalah karena Jogja di kenal sebagai pusat studi di Indonesia. Lain Jogja lain Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur ini mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan. Julukan tersebut didapat arena di Surabaya pernah terjadi pertempuran sengit Indonesia melawan tentara sekutu yang dipimpin oleh Bung Tomo. Karena itulah Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan. Hampir seluruh kota dan kabupaten di Indonesia punya julukannya masing-masing.

Baca Juga:

Jangan Ngaku Orang Madiun Kalau Tidak Mengenal Daerah Ini

Tari Penthul Melikan, Tarian Sarat Makna Asli Ngawi

Nah, di Karisidenan Madiun sendiri. Kita tahu jika  masing-masing Kabupaten disana memilki sebutan khas masing-masing sebagai nama lain kota atau kabupaten. Madiun kita kenal dengan julukan Kota Gadisnya, Magetan dengan sebutan kota kaki gunungnya, Ngawi dengan sebutan kota bambunya, Ponorogo dengan sebutan Kota Reognya serta Pacitan yang punya sebutan sebagai Kota 1001 Goanya. Nah, kamu mesti tahu dibalik sebutan-sebutan itu terdapat ceritanya masing-masing loh. Tidak mungkinkan tiba-tiba sebuah kabupaten ataupun kota mendapat julukan tanpa ada alasan. Nah, karena itu madiunae rangkum untuk kamu sekelumit cerita dan alasan mengapa kota dan kabupaten di Karisidenan Madiun mendapat julukan yang hingga kini tenar ditelinga kita dan dikenal oleh masyarakat luas.

Kota Gadis Madiun

Julukan Kota dan Kabupaten di Karisidenan Madiun
Gambar: Madiun Kota Gadis (Sumber: travel.tribunnews.com)

Orang awam yang mendengar julukan ini bisa jadi salah menduga. Ketika mendengar kata Kota Gadis, barangkali yang langsung terlintas adalah sebuah kota yang dipenuhi perempuan-perempuan muda dengan paras menawan. Tapi, anggapan itu jelas lah salah. Kata Gadis dalam julukan Madiun bukan merujuk pada perempuan-perempuan muda yang belum bersuami. Gadis adalah sebuah akronim dari tiga sektor penting daerah ini. Perdagangan, Pendidikan dan Industri. Suku kata Ga dari perdagangan, suku kata Di dari pendidkan dan huruf S di akhir dari kata industri.

Tiga sektor ini memang cukup menonjol di Madiun. Dari sektor perdagangan kita tahu jika Madiun punya banyak sekali pasar dan swalayan. Orang Madiun juga banyak yang memiliki aktivitas berdagang setiap harinya. Pendidikan juga tak kalah menonjol di kota ini. Banyak sekolah dari mulai TK sampai Perguruan Tinggi subur berdiri. Dan soal Industri kita tentu sudah tahu betul jika Madiun punya banyak pabrik. Salah satu yang terkenal sudah pasti pabrik pembuat kereta api yang biasa kita sebut dengan INKA.

Pacitan Kota 1001 Goa

Julukan Kota dan Kabupaten di Karisidenan Madiun
Gambar: Pacitan Kota 1001 Goa (Sumber: http://jamesandry.blogspot.co.id)

Berbeda dengan Madiun yang dijuluki Kota Gadis sehingga banyak orang salah fokus. Pacitan justru memiliki julukan yang mudah sekali ditebak asal usulnya. Betul. Di Kabupaten tempat kelahiran Presiden Ke-enam Susilo Bambang Yudhoyono ini, terdapat banyak sekali goa. Tentu goa –goa disini bukanlah goa buatan. Goa-goa di Pacitan ada karena faktor alam. Jadi, daerah Pacitan ini dikelilingi oleh pegunungan karst dan kapur. Karena itulah ada banyak goa yang dapat kita nikmati pesonanya di Kabupaten ini. Meski dijuluki kota 1001 goa, bukan berarti kabupaten ini benar-benar memiliki goa dengan jumlah sebanyak itu. Menurut sebuah literatur, di Pacitan hanya terdapat 104 goa. Kata 1001 digunakan untuk menunjukan banyaknya goa. Meski begitu kita harus akui 104 goa dalam satu daerah memang bisa dibilang sangat banyak.

Magetan Kota Kaki Gunung

Julukan Kota dan Kabupaten di Karisidenan Madiun
Gambar: Pemandangan Telaga Sarangan di Magetan (Madiunae/Ridho NUr Wahyu)

Tak jauh berbeda dengan Pacitan. Kabupaten Magetan memiliki julukan yang menyangkut keindahan serta demografi wilayahnya. Magetan mendapat julukan Kota Kaki Gunung. kamu yang mendengar julukan itu pasti serta merta langsung menyangka jika Magetan memang terletak dibawah sebuah gunung. Yap, anggapanmu benar! Magetan adalah sebuah Kabupaten yang terletak di kaki Gunung Lawu. Keindahan alam Magetan sudah tidak bisa disangsikan lagi. Sebab bisa dibilang menjadi sebuah kabupaten di kaki gunung adalah anugrah, pemandangan sudah pasti indah dan hawa yang sudah pasti sejuk. Tapi, ternyata Magetan tidak hanya berada di kaki Gunung Lawu. ada beberapa perbukitan yang berdiri kokoh di Magetan. Jadi pantas bukan jika Magetan disebut kota kaki gunung?

Ngawi Kota Bambu

Ngawi KOta Bambu Ngawi Ramah
Gambar: Ngawi Kota Bambu (Sumber: http://flaskiia.student.umm.ac.id)

Mengapa Ngawi diberi julukan Kota Bambu? bagi yang belum tahu kata “Ngawi’ sendiri berasal dari kata “awi” yang berarti bambu dalam Bahasa Jawa. Nah, tahukah kamu jika dahulu kabupaten ini dikenal karena memang banyaknya pohon bambu yang tumbuh. Beberapa orang menyebut jika bambu-bambu yang tumbuh di Kabupaten Ngawi lebih banyak tumbuh subur di bantaran sungai Bengawan Solo. Nah, Barangkali saat ini bambu di kabupaten Ngawi sudah tak sebanyak dulu. Akan tetapi kesan orang terhadap Kabupaten Ngawi sebagai daerah yang dipenuhi pohon bambu masih tetap melekat bahkan mungkin sampai sekarang. Jadi tak salah memang kalau kabupaten ini dijuluki sebagai Kota Bambu.

Ponorogo Kota Reog

Julukan Kota dan Kabupaten di Karisidenan Madiun
Gambar: Ponorogo Kota Reog (Sumber: http://intisari.grid.id)

Terakhir kita beralih ke Kabupaten Ponorogo. Yap, semua pasti sudah tahu betul jika kabupaten ini dijuluki sebagai Kota Reog. Karena memang Ponorogo akan selalu tak dapat dipisahkan dengan kesenian Reog-nya. Kesenian Reog sendiri bisa dibilang selalu menjadi landmark dan ciri khas dari Ponorogo. Kemanapun Reog pergi bahkan dilakonkan oleh orang selain orang Ponorogopun, Reog akan selalu memiliki keterikatan dengan Ponorogo. Istimewanya adalah tidak banyak sebuah kota atau kabupaten yang mendapat julukan dari kesenian tradisionalnya.

(Gambar Utama: Travel.Tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here