Madiunae. Telaga Ngebel Ponorogo. Apa yang kamu akan lakukan jika akhir pekan sudah tiba? Kalau jawabannya hanya diam diri di rumah sambil nonton drama korea berarti fix hidup kamu kurang piknik. Kenapa? Sebab semua sudah pada tahu jika Indonesia ini punya banyak surga. Mau yang tersembunyi atau yang sudah terekspos. Tugas kita sebagai warga Indonesia adalah menikmatinya sembari menjaga agar keindahan itu tetap utuh dan bisa dinikmati pula oleh anak cucu kita. Cobalah keluar rumah saat akhir pekan tiba. Nah jika kamu orang Jawa Timur, kamu bisa main ke Ponorogo. Disana ada sebuah telaga cantik yang bakal bikin seger mata kamu. Namanya Telaga Ngebel.

Ada Surga Dunia di Ponorogo
Sumber : youtube.com

Sejarah Dibalik Nama Telaga Ngebel

Hanya saja belum banyak orang yang tahu jika telaga ini memiliki cerita menarik dibalik asal muasalnya. Dahulu ada seorang patih bernama Bantaran Angin. Patih tersebut sedang bermeditasi dengan merubah wujud menjadi seekor ular. Akan tetapi ada seorang pemuda yang membawa ular tersebut. Tanpa dia tahu jika ular tersebut adalah jelmaan. Ketika sudah sampai di kampungnya. Ular tersebut merubah diri menjadi seorang anak kecil. Sontak warga pun menjadi kaget Akan tetapi anak kecil itu membuat sayembara. Ia menancapkan sebuah batang lidi. Ia meminta kepada para warga untuk mencabut batang lidi tersebut. Namun, tak ada satupun warga yang dapat mencabut lidi tersebut. Hingga akhirnya, si anak yang jelmaan Bantaran Angin itu yang mencabut. Dan ketika tercabut, keluarlah air yang terus menerus mengalir hingga menjadi telaga. Maka, terciptalah Telaga Ngebel ini.

(Baca Juga : Indah! Inilah Fenomena Gardu Pandang Asli Ciptaan Ilahi di Daerah Ponorogo)

Panorama Telaga Ngebel

Namanya memang terdengar cukup unik. Tapi, dibalik namanya yang unik itu tempat ini menyimpan sebuah pemandangan indah bak surga. Sebuah telaga berwarna biru membentang seluas 5 km dikelilingi dengan bukit-bukit hijau yang pastinya akan menyegarkan mata. Apalagi di satu sudut kita bisa menikmati kemegahan Gunung Wilis. Gunung anggun itu, berdiri kokoh membentang membuat siapapun yang menyaksikannya akan tambah kagum dengan telaga cantik ini. Selain itu, pepohonan yang berada di sekitarnya akan membuat kesan asri semakin nyata di tempat ini.  Sebuah perpaduan yang akan membuat banyak orang betah berlama-lama disini. Apalagi hawa sejuk yang ditimbulkan karena dekatnya dengan Pegunungan Wilis sudah pasti terasa disini, ya kra-kira  suhunya sekitar 20 hingga 26 derajat Celcius. Gimana paket lengkap bukan?

Ada Surga Dunia di Ponorogo
Panorama Telaga Ngebel
Sumber : dyondra-corporation.blogspot.com

Tunggu dulu, kamu juga bisa menyusuri Telaga Ngebel ini dengan menyewa sebuah perahu. Kamu dapat menikmati tiap jengkal telaga ini dengan perahu tersebut. Hawa sejuk akan menerpa kulitmu, suara deru mesin perahu, hembusan angin dan pemandangan cantik adalah tiga hal yang akan kamu dengar, rasakan dan juga nikmati jika saat kamu berkunjung ke Telaga Ngebel ini. Hari liburmu akan sangat terasa berbeda tentunya. Segala rutinitas akan terlupakan. Dan oleh-oleh berupa foto bagus adalah jaminan pasti dari Telaga Ngebel ini. Jadi, janganlah ragu untuk berkunjung kesini akhir pekan nanti.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ke Telaga Ngebel?

Ada baiknya kamu pergi kesini pagi atau sore, mengapa? Sebab pada waktu-waktu itulah pemandangan disini akan sangat maksimal. Semburat sinar matahari yang oranye akan beradu padan dengan jernihnya air Telaga Ngebel. Dibawah langit biru yang temaram dan juga gundukan hijaunya pegunungan wilis. Sungguh, pemandangan seperti ini barangkali mirip dengan danau-danau yang berada di dataran Eropa sana.

Ada Surga Dunia di Ponorogo
Tradisi Larung Sesaji
Sumber : youtube.com

Ya, potensi wisata ini memang benar harus selalu kita eksplorasi dan sebarluaskan. Apalagi tempat seperti ini ada di dekat dengan pemukiman warga, seharusnya keberadaannya akan lebih cepat tersebar. Ditambah akses menuju tempat ini juga tak terlalu sulit. Maka, bisa dipastikan Telaga Ngebel ini akan kebanjiran pengunjung. Dan ternyata benar saja, tiap akhir pekan tempat ini selalu jadi tempat favorit untuk mengakhiri minggu yang sibuk.  Kalau kamu ingin saksikan pagelaran budaya juga bisa di Telaga Ngebel ini. Sebab, beberapa waktu tertentu pagelaran budaya bertajuk larungan sering diselenggarakan. Misalnya pada Bulan Muharram seperti saat ini.

Lokasi Telaga Ngebel

Ada Surga Dunia di Ponorogo
Sumber : fajarngebel.wordpress.com

 

Telaga Ngebel terletak di Desa Ngebel Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Kalau kamu dari luar kota dan ingin bermalam disini, di dekat telaga ini tersedia penginapan untuk bisa kamu sewa. Tenang saja, di area telaga terdapat penjual makanan yang akan menghindarkan kamu dari rasa lapar. Untuk biaya masuk juga cukup terjangkau hanya Rp. 4000 saja untuk dapat menikmati suguhan alam bernama Telaga Ngebel ini.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Silakan mengatur jadwal untuk menikmati salah satu keindahan alam di Ponorogo ini.

 

(Sumber Gambar Utama : fajarngebel.wordpress.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here