Madiunae.id. Tahu Tuna Pacitan. Jika kamu jago masak dan seseorang memberi kamu tantangan untuk mengolah ikan tuna, kamu akan membuat sajian apa? Tentu ikan ini memang sudah begitu dikenal sebagai ikan yang ketika diolah akan menciptakan rasa lezat. Karena itu ikan ini akan jadi favorit bagi banyak orang ketika diolah menjadi sebuah makanan dan dihidangkan diatas meja makan. Nah, biasanya ikan tuna ini identik dengan makanan dengan harga yang selangit. Harga yang tinggi akan berdampak langsung pada peminat makanan olahan ikan yang satu ini. Bahkan untuk jenis tertentu harganya bisa selangit jika dibawa ke luar negeri. Tapi, itu semua tak ada artinya ketika ikan tuna dihadapkan kepada orang-orang Pacitan. Masyarakat kota 1001 goa itu sudah tau akan membuat makanan apa yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Ya, tahu tuna. Kalau kamu bukan orang Pacitan barangkali kamu akan sedikit aneh mendengar ada makanan bernama tahu tuna. Bukan, tahu tuna ini bukan berarti tahu yang terbuat dari ikan tuna. Tapi tahu yang di dalamnya diselipkan olahan ikan tuna. Soal rasa jangan ditanya. Kita semua sudah sepakat bahwa ikan tuna mau dibuat makanan apa saja rasanya akan tetap nempel di lidah. Jadi, sudah tentu tahu tuna ini punya rasa yang sungguh menggoda. Bayangkan, ketika kamu gigit, krispinya tahu yang digoreng akan langsung terasa dimulut, belum lama gurihnya tahu berasa di lidah, kamu akan langsung menemui kenikmatan lain berupa olahan ikan tuna. Ya, memang tahu tuna adalah wujud kenimatan makanan yang hakiki kata anak kekinian.

( Baca Juga : Merasakan Sensasi Pedas Nagih Ala Pentol Corah Madiun)

Jika kamu merasa baru dengar ataupun baru mengetahui ada makanan bernama tahu tuna, berarti kamu tidak tahu juga jika di Pacitan makanan ini sudah begitu populer. Sudah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan untuk kota kelahiran presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ini. Sebab, tahu tuna saat ini sudah menjadi ikon kuliner Kabupaten Pacitan. Kita akan mudah sekali menjumpai banyak penjual tahu tuna di sudut-sudut Pacitan. Salah satu penyebab mengapa banyak orang yang kemudian menjual makanan olahan tuna ini karena Pacitan sebagaimana diketahui adalah daerah di pesisir selatan Pulau Jawa. Soal produksi ikan jangan ditanya. Sudah pasti melimpah ruah. Karena itu banyak yang memilih berjualan tahu tuna karena memang ketersediaan ikan tuna juga sangat cukup.

Kenikmatan Tiada Tara Tahu Tuna Pacitan
commons.wikimedia.org

Selain sudah tentu nikmat, tahu tuna juga memiliki banyak manfaat bagi diri kita. Sebagaimana kita tahu tuna itu mengandung omega 3. Selain itu, juga ada banyak kandungan dalam ikan tuna sepertiĀ  kalori, vitamin, karbohidrat hingga protein dan mineral. Nah, kandungan-kandungan itu dapat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mengobati tekanan darah tinggi, mencegah obesitas, menambah kekebalan tubuh sampai juga mencegah penyakit jantung dan struk. Wah, banyak juga ya manfaatnya.

Berapa Harga Untuk Olahan Ini?

Selain nikmat dan ternyata menyehatkan. Tahu tuna ini juga dibandrol dengan harga yang cukup dikantong. Beberapa produsen hanya menjual tahu tuna siap makan dengan harga Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 per bungkus. Bagaimana murahkan? Nah kalau kamu pergi ke Pacitan, sangat direkomendasikan jika kamu beli tahu tuna untuk dijadikan buah tangan dari Pacitan. Memang sudah banyak orang yang berjualan tahu tuna. Tapi tetap saja ada beberapa tahu tuna Pacitan sebagai kuliner andalan.

Salah satunya adalah tahu tuna Eza dan juga tahu tuna Inggil. Kedua merek ini sudah begitu dikenal di Pacitan Bahkan bisa dibilang dua merk ini menjadi raja dari produsen tahu tuna di Kabupaten Pacitan. Kedua merek ini sudah pasti selalu diserbu pengunjung setiap harinya, sebab memang soal rasa, tahu tuna kedua merk ini bisa dibilang paling juara.

Kenikmatan Tiada Tara Tahu Tuna Pacitan
Sumber : tokopedia.com

Tapi, kalau kamu malas untuk pergi ke tempat-tempat penjualan tahu tuna, tenang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kecuali ikan tuna, bahan-bahan untuk membuat sajian ini juga mudah didapat. Selain itu membuatnya juga tak susah-susah amat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah bawang putih, merica bubuk, garam, gula, daun bawang, tepung terigu dan tepung sagu juga tentunya bahan utamanya tahu putih dan ikan tuna.

Bagaimana Cara Membuat Olahan Tahu Tuna?

Cara membuatnyapun sederhana yaitu:

  1. Potong tahu sesuai selera, lalu lubangi si tahu tadi.
  2. Kemudian campurkan tuna dengan bumbu-bumbu lain diatas. Aduk dengan tangan sampai merata
  3. Lalu, masukan air secukupnya ke dalam adonan. Aduk kembali.
  4. Setelah itu masukan adonan kedalam tahu.
  5. Setelah itu, goreng hingga warnanya kecoklatan.
  6. Angkat, tiriskan dan sajikanlah tahu tuna dengan saus atau cabe rawit
Kenikmatan Tiada Tara Tahu Tuna Pacitan
Sumber : barokahtahutuna.com

Gimana? Mudah kan. Buat yang masih penasaran coba saja buat dirumah untuk mengisi waktu luang.

Kata-kata cintailah produk indonesia memang selalu ditanamkan dibenak kita. Dan tahu tuna sudah membuktikan, jika kualitas makanan khas Indonesia tak kalah dengan makanan luar. Tuna yang menjadi ikan ekslusif di Indonesia diolah menjadi makanan murah meriah yang akan selalu nikmat di santap kapanpun dan dimanapun dengan kenikmatan yang tiada tara.

Jadi, tak ada salahnya kalau kalian mencoba makanan yang lezat ini sembari mengunjungi Kabupaten Pacitan.

 

(Sumber Gambar Utama : resellertahutuna.blogspot.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here