madiunae – Pentol corah Madiun. Jika kamu pergi kesuatu tempat yang baru kamu kunjungi, kira-kira kamu akan pergi kemana? Bangunan bersejarah, bisa jadi. Tempat wisata,lebih pasti lagi. Tapi, sekeren apapun tempat bersejarah dan sebagus apapun tempat wisata. Tak dapat kamu nikmati dengan benar-benar jika perut kamu keroncongan. Ya, betul sekali. Saat kamu pergi ketempat yang baru kamu kunjungi.  Kamu pasti ingin coba makanan khas daerah tersebut. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apa yang akan kamu makan ataupun santap kalau kamu pergi ke Madiun. Sebuah kabupaten di Barat Jawa Timur. Bisa jadi, kamu akan pergi ke warung pecel. Sebab memang pecel Madiun sudah sangat termasyur diseantero Indonesia. Atau bisa jadi kamu akan datangi tempat orang menjuak Brem. Sebab sudah tidak dipungkiri lagi jika brem Madiun memang salah satu yang juara.

Baca Juga:

Jajanan yang Wajib Dicoba Kalau Berkunjung Ke Madiun

Ini Dia Alasan Dari Julukan Kota dan Kabupaten di Karisidenan Madiun

Hanya saja, kamu mesti cobain salah satu makanan khas Madiun yang satu ini. Sebuah makan yang dapat ganjel perut kamu. Gak ngenyangin tapi juga gak ringan-ringan banget. Makanan yang satu ini lebih disukai oleh anak-anak muda Madiun. Rasanya yang pedas nagih jadi salah satu alasan kenapa makanan ini perlu banget kamu coba. Pentol corah. Itulah nama dari makanan yang sedari tadi kita bahas. Memang namanya sedikit unik bagi kamu yang baru mendengar. Tapi, yakinlah ketika kamu sudah mencicipi makanan ini. Kamu akan jatuh cinta.

Bisa jadi, ketika kini, banyak sekali bergelimpangan disana-sini jajanan atau makanan dengan rasa utama super pedas. Maka, bisa dibilang Pentol Corah ini adalah salah satu pionirnya. Jauh sebelum orang-orang berjualan mie pedas, ayam pedas atau nasi goreng pedas. Pentol corah sudah berkiprah. Bahkan, patut kita ketahui juga jika makanan ini adalah salah satu yang favorit bagi masyarakat Madiun khususnya kalangan muda.

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang muda di Madiun ini suka banget sama pentol corah. Alasan pertama adalah karena rasanya yang memang super enak. Bukan hanya mengutamakan tingkat pedas sebagai daya tarik, para pedagang pentol corah tetap memerhatikan rasa. Jadi, tak heran jika rasa pentol corah ini slain pedas juga nagih. Nah, hal ini yang selalau jadi daya tarik pentol corah memikat banyak sekali orang.

Alasan yang kedua adalah porsinya yang tak terlalu banyak tapi juga tak terlalu sedikit. Ya, bisa dibilang jika makanan ini lebih cocok disebut kudapan ketimbang makanan berat. Jadi, buat orang-orang yang ingin sekedar ganjel perut di Kota Madiun, bisa banget pergi ke tempat-tempat yang memang jual pentol corah ini. Selain itu, karena posisinya yang tak mengenyangkan, kamu juga masih bisa menyisikan sedikit ruang di lambungmu untuk menyobai makanan lain yang khas Madiun.

Terakhir, salah satu alasan kenapa banyak kawula muda keranjingan pentol corah karena memang harganya yang super murah. Hanya dengan rata-rata Rp 5000 saja, kamu bisa nikmatin sajian khas dari Madiun ini. Nah, dengan uang yang minimalis seperti itu, kamu sudah dapat mencicipi makanan dengan cita rasa yang selalu siap menggoyang lidah kan.

Pentol Corah Pengobat Rindu

Sebetulnya, pentol corah ini bisa juga dibilang sebagai obat rindu terhadap kampung halaman. Bagaimana tidak, orang-orang Madiun yang tengah bekerja diluar kota pasti akan sangat merindukan makanan ini. Mereka yang sedang kembali dari perantauan tak sedikit yang menyempatkan diri untuk menyantap si pentol pedas ini. Rata-rata mereka akan bilang “mumpung lagi pulang kampung”.

Pentol Corah sendiri bentuknya tak jauh berbeda dengan cilok. Terbuat dari tepung pati yang dibungkus dengan kulit tahu. Akan tetapi yang membuat istimewanya tetap saja racikan sambal pedasnya yang berisi tomat, cabai, merica hingga bawang. Lalu, kenapa dinamakan pentol corah. Pentol sendiri di daerah jawa biasa disebut untuk menggambarkan sesuatu yang berbentuk bulat, sementara corah diambil dari nama daerah yang terletak di kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Madiun.

Lokasi Pentol Corah Madiun

Nah, buat kamu yang sudah mulai lapar dan tak sabar ingin nyobain. Tenang, di Madiun sudah menjamur pedagang pentol corah ini. Tapi, yang dinilai sebagai juaranya tentu ada di daerah Corah tadi. di RT 18 RW 6 Kelurahan Rejomulyo, Kertoharjo. Disini banyak pengunjung yang rela antri untuk menikmati si pentol pedas paling nikmat di Madiun.

(Gambar Utama: Solopos.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here