Madiunae – Berwisata di Mojosemi Forest Park. Magetan, sebuah kabupaten yang terletak di timur Pulau Jawa. Sebuah Kabupaten yang berada di kaki Gunung Lawu. Gunung nan agung yang selalu menawarkan keindahan dari tiap sisinya. Tak heran jika Magetan sudah pasti menawarkan tempat-tempat indah nan eksotis untuk dinikmati. Terlebih, suasana di kabupaten yang menyebut dirinya “The Nice of Java” itu bikin orang-orang benar-benar ingin berlama-lama disana. Menikmati tiap jengkal Kabupaten Magetan. Kini, Magetan mulai naik daun soal pariwisata. Beberapa tempat wisata akan dipastikan ramai tiap akhir pekan. Banyak orang luar Magetan yang datang untuk membuktikan seberapa menyenangkanya berwisata disana. Dan kini, Magetan punya tempat wisata andalan baru bernama Mojosemi Forest Park (MFP).

Jika hutan identik dengan sesuatu yang menyeramkan dan penuh dengan bahaya. Mojosemi Forest Park adalah antitesis dari anggapan-anggapan itu. Sebab di lokasi ini, kita akan bermain dihutan. Iya hutan! tetapi hutan yang telah disulap menjadi arena bermain sekaligus piknik. Jadi kesan hutan yang menyeramkan itu akan berganti menyenangkan jika sudah datang ke tempat ini. Akan tetapi meski hutan MFP ini telah disulap. Kesan asri masih akan terasa. Bahkan dijamin, setiap orang yang berkunjung kesini akan betah berlama-lama dan tentunya membuat  waktu akan terasa begitu cepat saking asiknya melancong ke tempat ini.

Mojosemi Forest Park adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan keasyikan bermain dengan alam. Disana kita dapat menjumpai beberapa wahana seru yang sengaja dibuat untuk menunjang ritual jalan-jalan yang dilakukan banyak orang tiap pekannya. Jadi, jangan pikir ketika sampai sana yang dilihat hanya pohon-pohon yang menjulang tinggi saja ya. Kita bisa bermain banyak permainan di tempat ini.

(Baca Juga: Jajanan Yang Wajib Dicoba Kalau Berkunjung Ke Madiun)

Banyak Permainan Seru di Mojosemi Forest Park

berwisata di mojosemi forest park
Sumber: instagram/mojosemiforest.park

Buat kamu yang suka adrenalin, sudah disediakan ATV. Kamu bisa ngegas sekenceng-kencengnya dengan rintangan-rintangan yang sudah disiapkan pengelola. Kamu lebih suka out bound? tenang, disini juga ada. Kamu bisa ber-Flying fox ria. Atau juga sky walk. Soal keamanan tidak usah khawatir. Pihak pengelola sudah mempersiapkan matang-matang. Bahkan pengelola menyebut jika pengamanan di MFP menggunakan teknologi paling mutakhir. Sebuah teknologi keamanan pertama yang digunakan di Indonesia. Keren juga ya!

Bagaimana serukan? tapi tunggu dulu, bukan permainan itu saja yang disediakan di MFP ini. Masih ada lagi? ya pasti lah! Jadi, di MFP ini kita juga bisa bermain perang-perangan kaya di film Rambo! Betul, disini juga disediakan permaianan Air Soft Gun dan Paint ball. Kebayangkan serumya main perang-perangan di hutan wisata ini. Pasti lebih seru dari game perang-perangan di video game nih.

Kalau kamu kesini hanya untuk bersantai, menikmati alam tanpa kebisingan, tempat ini benar-benar direkomendasikan banget. Sebab kita dapat melihat pohon-pohon besar dan tinggi menjulang yang senantiasa memberi suasana sejuk dan nyaman. Pastinya bakal bikin orang lupa akan kerumitan kerjaan.

Pohon-pohon yang ada disini punya banyak macamnya. Ada banyak vegetasi pepohonan disini seperti Puspa (Schima Wallichii) Jamuju (Podocarpus Imbricatus) Ekaliptus (Eucalypthus sp) dan yang pasti pinus (pinus sp) pohon-pohon disini sejak lama. Bahkan beberapa diantaranya telah ditanam sejak zaman Belanda. Pohon-pohon itu ditanam hampir berbarengan dengan ditanamnya pohon-pohon di Kebun Raya Bogor.

Nggak Hanya Hutan Wisata Ada Air Terjunnya Juga

Setelah asyik bermain, lalu santai-santai menikmati kesejukan MFP. Jangan lewati juga untuk bermain air di Air Terjun Tirto Mojo yang segarnya bukan main. Kalau tak mau main air, ya setidaknya kita bisa berfoto-foto dengan latar belakang air terjun Tirto Mojo ini.

Memang, tidak salah kalau akhir-akhir ini anak-anak hits Magetan dan sekitarnya sering foto dengan latar belakang beberapa sudut di MFP, sebab memang tiap jengkal dari Mojosemi Forest Park ini menawarkan keasrian yang akan sangat cantik jika di foto. Jadi, tak heran kalau Mojosemi Forest Park jadi viral di sosial media akhir-akhir ini.

Ditempat ini juga sudah disediakan beberapa fasilitas lain macam toilet yang bersih, tempat parkir yang luas, Aula sebagai tempat pertemuan, mushola dan masih banyak lagi. MFP memang paket lengkap kalau kamu ingin menghabiskan waktu akhir pekan.

Lokasi Mojosemi Forest Park Magetan
Sumber: rekreasi.net

Semua keasrian, keindahan dan keseruan itu bisa kamu kunjungi dengan track yang sangat mudah. Jangan bayangkan menuju kesini harus melewati jalanan nan terjal. Tidak, jalur kesini sudah cukup mulus dan mudah di jangkau. Bahkan buat kamu yang tak punya kendaraan pribadi bisa datang kesini dengan menggunakan angkutan umum.

Buat kamu yang dari luar kota juga jangan khawatir, disini juga sudah disediakan penginapan yang nyamanya bukan main. Lawu Forest Camp namanya. dengan harga kamar 550 ribu rupiah permalam kita sudah bisa menikmati asrinya alam dan sejuk serta heningnya perbukitan. Sebah pengalaman yang akan sulit didapatkan ditempat lain bukan?

Lokasi Mojosemi Forest Park

camping ground mojosemi forest park
Sumber: mojosemiforestpark.com

Lokasi Mojosemi Forest Park sendiri sangat dekat dengan telaga sarangan. Jaraknya hanya 2 KM saja dari telaga tersebut. Kalau kamu dari arah Solo, arahkan kendaraamu ke Kabupaten Karang Anyar untuk menuju Desa Tawang Mangu. Dari situ tinggal ikuti saja jalanan yang sudah beraspal. Maka kamu bakal sampai di Mojosemi Forest Park. Meski jalan yang dilewati mulus, alangkah lebih baik jika kita berhati-hati sebab jalanan yang akan dialui oleh kita adalah jalanan khas dataran tinggi yang menanjak dan berkelok. Tentu butuh kewaspadaan bukan?

Untuk tiket masuk hanya dikenakan biaya 10 ribu rupiah saja. Murah banget kan? Jadi tunggu apalagi, habiskan saja waktu akhir pekanmu di MFP dan pulanglah dengan seabreg foto bagus yang sudah diambil disana.

(Sumber Gambar Utama: Mojosemi Forest Park)

Editor : Ridho Nur  Wahyu

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here