Madiunae.id. Produsen Batu Bata di Madiun. Batu bata alias Boto dalam istilah Jawa merupakan komponen bahan bangunan. Salah satu komponen wajib yang selalu ada dalam setiap adanya proses pembangunan, pada umumnya pembangunan rumah. Batu bata memiliki keistimewaan yaitu dibuat dari tanah liat tetapi dapat menyangga sebuah bangunan dengan kokohnya. Dan biasanya ketik membuat sebuah bangunan tidak cukup hanya ratusan batu bata, jumlahnya berkisar di satuan ribuan tergantung dari bangunan apa yang akan dibuat.

Berbicara mengenai batu bata, tak lepas dari berbicara mengenai kebiasaan dan mata pencaharian seseorang. Batu bata memang produk yang barangkali hanya dijumpai di Indonesia. Bagi sebagian orang mengganggap mungkin pembuatan batu bata sangatlah mudah. Tetapi, kenyataannya tidak seperti itu. Banyak faktor yang menjadi pendukung dari keberhasilan pembuatan batu bata ini. Seperti misalnya, sinar matahari untuk proses pengeringan, perpaduan yang seimbang antara air dan tanah liat dan juga kepiawaian si pembuat batu bata itu sendiri.

Pertanyaan besar yang muncul adalah mengapa kepiawaian si pembuat batu bata mempengaruhi keberhasilan pembuatan batu bata? Itu dikarenakan bagi para pembuat yang sudah sering membuat batu bata, maka akan lebih cepat dalam mencetak dan mengeringkan batu bata. Dengan begitu, otomatis batu bata yang dihasilkan akan memiliki kuantitas yang banyak dengan kualitas yang bagus. Berbeda halnya dengan misalnya yang masih dalam taraf mencoba, hasil cetakannya tidak akan sepadat yang sudah mahir. Kepadatan inilah yang mempengaruhi baik buruknya kualitas batu bata. Apabila batu bata itu padat, maka tidak akan mudah rapuh ketika digunakan dalam proses pembangunan sebuah bangunan. Batu bata semacam inilah yang banyak dicari para makelar bangunan ataupun kontraktor bangunan.

Then, membahas lebih lanjut mengenai produksi batu bata. Ada sebuah daerah yang terkenal sebagai produsen batu bata, khususnya di daerah Madiun ya. Daerah itu adalah Desa Sukolilo. Desa ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Hampir setiap jalan di desa tersebut pasti ada yang memanfaatkan lahannya untuk kegiatan pembuatan batu bata. Biasanya mereka membuat batu bata pada pagi hari atau malam hari. Dengan harapan ketika datangnya sinar matahari, sudah siap untuk dijemur. Banyak dari mereka yang sudah menjadi langganan dari toko-toko bangunan di Madiun dan sekitarnya. Sehingga, kadang kalau kita mencari untuk kebutuhan pribadi, sering kehabisan atau kalah start.

Kecil-Kecil tapi Dibutuhkan Orang Banyak
Sumber : aremamedia.com
Kecil-Kecil tapi Dibutuhkan Orang Banyak
Sumber : kompasiana.com

Tidak semua dari mereka mengandalkan hidup hanya dari pembuatan batu bata, terkadang ada yang menjadikan pembuatan batu bata ini sebagai sampingan, ada juga yang membuat batu bata untuk keperluannya sendiri dan bahkan ada yang membuat karena memang dia menerima pesanan. Memang beragam motif yang akhirnya memutuskan mereka untuk membuatĀ  batu bata tersebut.

Nah, udah pada paham kan maksud dari kecil-kecil dibutuhkan orang banyak? Ya batu bata itu tadi. Bentuknya emang kecil, tapi banyak orang yang membutuhkannya dalam jumlah banyak. Ga mungkin dong ya, kalau mau bangun rumah cuma butuh 5 biji??

Buat kalian yang ingin tau bagaimana pembuatan batu bata, silakan nih main-main ke desa yang satu ini. Masyarakatnya yang ramah dan baik hati, dengan senang menerima kita untuk sekedar melihat proses pembuatan batu bata atau bahkan membeli batu bata hasil buatan mereka. Jadi, gak perlu jauh-jauh ya kawan untuk membeli salah satu bahan bangunan ini. Cukup di Madiun aja ada yang jadi produsen kok.

(Sumber Gambar Utama :beritadaerah.co.id)

(Editor : AprianingDwi)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here