MadiunaeAir Terjun Sunggah Ponorogo. Jika mendengar kata Ponorogo. Apa yang langsung terlintas dibenak banyak orang? Ya, barangkali kita semua akan mengingat Reog sebagai bagian yang tak terpsahkan dari Ponorogo. Bagaimanapun Reog dan Ponorogo adalah sebuah kesatuan yang tak mungkin dapat terpisahkan. Akan tetapi, sesungguhnya ketika kita bicara soal Ponorogo tak melulu harus membahas soal reog yang melegenda itu. Ada banyak hal lain yang bisa digali dan diungkapkan dari Ponorogo kepada khalayak ramai. Salah satunya adalah keindahan alam Ponorogo. Tak dapat dipungkiri jika memang Indonesia dianugerahi oleh tuhan lukisan alam yang luar biasa cantik dan selalu memukau. Kecantikan itu juga yang tentu dapat kita temui di Ponorogo. Ada banyak destinasi wisata alam yang sangat cantik untuk dinikmati. Salah satunya adalah Air Terjun Sunggah.

Berkunjung ke tempat ini benar-benar dierekomendasikan sekali untuk sedulur yang merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. Karena itulah jika dapat libur. Kunjungi Air Terjun Sunggah ini. Mengapa? Sebab ketika kamu sampai ditempat ini maka segala kepenatan dalam seminggu dapat terlepas dan teragantikan dengan kesenangan dan kebahagiaan menyaksikan indahnya Air Terjun Sunggah ini.

(Baca Juga : Mbok Yem, Wanita Tangguh Pemilik Warung di Puncak Lawu)

Bicara soal keindahan. Memang keindahan air Terjun Sunggah ini tak ada duanya. Air terjun ini terlihat diapit oleh tebing-tebing tinggi yang berbatu dengan pepohonan rimbun yang seolah memagari jatuhnya air dari ketinggian. Sungguh pemandangan yang memukau. Air Terjun Sunggah ini memiliki ketinggian 50 meter. untuk kaliber air terjun, ketinggian ini bisa dibilang cukup tinggi. apalagi jika debit air yang mengalir sedang banyak, maka derasnya air terjun ini menjadi fenomena alam yang benar-benar cantik untuk dinikmati.

Kalau sudah sampai disini, jangan sampai lupa untuk mengabadikan gambar. Sebab, sayang jika keindahan alam kepunyaan Ponorogo ini tak dibingkai dengan jepretan foto. Didekat air terjun juga telah disediakan sedikit ruang untuk berfoto. Lokasinya memang agak tinggi. Tapi, kamu pasti akan senang melihat hasil fotonya. Sebab memang ditempat itulah spot foto terbaik dengan latar belakang Air Terjun Sunggah.

Selain Air Terjun Juga Terdapat Goa

lokasi air terjun sunggah
Via Lihat.co.id

Selain itu, ternyata dibalik kecantikan Air Terjun Sunggah ini, kita dapat menemukan sebuah goa yang juga menyimpan sisi keindahan. Didalam Goa tersebut kita dapat menjumpai batu-batu besar khas batu purbakala. Sayangnya belum ada akses yang aman untuk dapat masuk kedalam goa. Beberapa yang telah berkunjung kedalam goa dibalik air terjun sunggah ini adalah mereka yang terbiasa melakukan kegiatan pecinta alam.

Namun tenang, walau tak dapat bertamu ke dalam goa, kamu masih dapat bermain air di air terjun ini. Ya, sekedar bercuci muka atau mandi dapat kamu lakukan disana. Suhu air yang cukup dingin akan membuat segar sekujur badanmu. Kamu juga dapat menemui berbagai jenis ikan di kolam bawah air tejun. benar-benar menarik ya!

Jadi Pertanda Pergantian Musim

lokasi air terjun sunggah ponorogo
Via instagram/farizal_hakim

Ada satu hal yang bisa dibilang cukup unik dari Air Terjun Sunggah Ponorogo ini. Masyarakat sekitar biasanya menjadikan air terjun ini sebagai patokan pergantian musim. Ko bisa? Jadi, jika sudah mulai masuk musim kemarau. Debit air terjun ini akan menurun. Nah, karena debit air menurun maka suara terjunnya air yang menimpa batu itu akan nyaring terdengar. Sampai sampai terdengar ke seluruh kampung. Hal itulah yang kemudian menjadi penanda masyarakat kampung sekitar jika musim kemarau akan segera tiba.

Air terjun ini tentu sudah ada sejak zaman dulu, hanya saja baru beberapa tahun terakhir ini masyarakat Ponorogo mulai menjadikan Air Terjun Sunggah ini sebagai destinasi wisata ciamik yang patut dikunjungi. Karena itulah belum banyak fasilitas yang memadai disini. Bahkan, untuk masuk ke lokasi wisata ini tak dipungut biaya. Hanya ongkos parkir yang tak lebih dari lima ribu rupiah saja yang menjadi tanggungan para wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini.

Tak jauh dari Air Terjun Sunggah kita juga dapat menjumpai Watu Semaur. Sebuah tebing batu yang tinggi menjulang yang dikelilingi hamparan sawah dan padang rumput nan hijau. Tempat ini juga cocok untuk dikunjungi dan dijadikan tempat berfoto ria. Letaknya hanya beberapa menit saja dari Air Terjun Sunggah.

Lokasi Air Terjun Sunggah Ponorogo

Air terjun sunggah ini terletak di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Untuk dapat berkunjung kesini rutenya tak terlalu sulit. Dari Alun-alun Ponorogo kamu bisa memacu kendaraanmu kearah Dengok. Nah, ketika sampai di simpang lima Dengok ambil arah menuju Balong. Ketika sudah sampai di perempatan Balong ambil kiri saja kemudian kamu akan berjumpa dengan perempatan lagi. Kali ini kamu ambil kanan ke arah Bungkal. setelah itu lurus saja pun ketika kamu bertemu dengan perempatan, kamu tak usah membelokan kendaraanmu. Cukup lurus saja mengikuti jalan hingga tiba di Desa Selur. Kira-kira dari Alun-alun Ponorogo menuju Air Terjun Sunggah dibutuhkan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

(Baca Juga: Jangan Ngaku Orang Madiun Kalau Tidak Mengenal Daerah Ini)

Jadi sempatkanlah waktu barang sehari untuk mengaggumi keindahan ciptaan Tuhan bernama Air Terjun Sunggah sekaligus menghilangkan segala kepenatan kerja seminggu terakhir.

(Sumber Gambar Utama: harianpost.co.id)

Editor: Ridho Nur Wahyu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here