MadiunaePendakian Gunung Wilis. Sudah bukan rahasia umum jika Tuhan menancapkan banyak sekali gunung didataran Indonesia. bisa dibilang itu adalah sebuah anugerah dari tuhan yang maha kuasa. Sebab, dengan begitu kita dapat mendaki dan mensyukuri keindahan yang telah tuhan sajikan cuma-cuma tersebut. Nah, ada banyak gunung-gunung di Indonesia yang sudah dikenal publik begitu luas. Sebut saja Gunung Semeru, Kerinci atau mungkin Gunung Slamet. Semuanya memberikan kesan paling menarik. Tapi, ada satu gunung yang belum begitu terjamah di salah satu sudut Jawa Timur. Gunung Wilis namanya. sebuah gunung cantik yang mengitari salah satu sudut Kabupaten Madiun.

Baca Juga:

Mengagumi Indahnya Air Terjun Sunggah Ponorogo

Tak Hanya Malang, Madiun Juga Punya Kampung Wisata Ini

Seperti yang sudah diungkapkan diatas jika puncak gunung selalu menawarkan pemandangan yang memukau. Begitupun di Gunung Wilis. Gunung ini juga menampilkan hamparan pemadangan maha indah. Sebuah daratan tinggi yang dapat menunjukan sudut-sudut Madiun dan kabupaten-kabupaten disekitarnya. Tentu digunung ini kita dapat melihat bunga-bunga edelweis, hamparan savana juga air terjun yang punya daya tarik tersendiri.

Akan tetapi sudah bisa dipastikan jika hutan adalah tempat paling berharga bagi segala macam flora dan fauna. Jadi tidak salah jika kita mendaki gunung, kita kerap menjumpai berbagai macam satwa liar ataupun tumbuhan-tumbuhan yang jarang kita temui. Nah, hal tersebut juga dapat kita rasakan ketika menembus hutan untuk mendaki puncak Gunung Wilis ini. Jangan kaget jika saat mendaki gunung ini, kamu dapat menjumpai binatang-binatang liar seperti babi hutan. Jika bertemu dengan hewan-hewan seperti itu, jangan panik dan buat gerakan yang mengagetkan hewan tersebut. Justru tindakan tersebut yang berbahaya. Selain hewan, Gunung Wilis juga menjadi tempat bermukimnya berbagai macam tumbuhan.

Pendakian Gunung Wilis
Pendakian Gunung Wilis via rezoneteamexplorer.wordpress.com

Mengapa digunung ini kita masih dengan mudah melihat hewan-hewan liar. Sebab, bisa dibilang Gunung Wilis adalah gunung yang masih ‘perawan’ masih sangat jarang pendaki mengeksplorasi gunung ini. Jadi, jangan salah ketika kamu memutuskan naik ke gunung ini, kamu akan menjumpai trek yang cukup terjal, ilalang-ilalang yang masih sangat tinggi ataupun jalur yang tertutup semak belukar. Karena itulah, harap berhati-hati ketika hendak mengeksplor Gunung Wilis. Ada baiknya kamu pergi dengan lima sampai delapan temanmu.

Pendakian Gunung Wilis, Gunung yang Dimiliki 6 Kabupaten

pendakian gunung wilis
Via Madiunpos.com

Salah satu yang istimewa dari Gunung ini adalah sebuah gunung yang dimiliki oleh 6 Kabupaten Sekaligus. Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Trenggalek dan juga Kabupaten Ponorogo. Secara tidak langsung Gunung Wilis ini menjadi simbol persatuan dari keenam kabupaten tadi. Keenam kabupaten itu berbatasan dipuncak Gunung Wilis.

Karena terletak di enam kabupaten, itu berarti Gunung ini memiliki banyak jalur pendakian. Kamu bisa naik dari Desa Kare di Madiun, bisa juga naik di Kecamatan Mojo dan Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, Kemudian ada juga jalur pendakian dari Kecamatan Sendang di Tulungagung. Selain itu di Ponorogo, Trenggalek dan juga Nganjuk juga memiliki jalur pendakiannya tersendiri.

Jika kamu start pendakian Gunung Wilis dari pos pendakian Kandangan Madiun. Untuk mencapai puncak rata-rata orang menghabiskan waktu sekisar 12 jam. waktu tempuh ini memang bukan waktu tempuh yang pasti. Mengingat kekuatan dan kebiasaan seseorang dalam mendaki gunung tidaklah sama. Bisa jadi kamu dapat lebih cepat sampai puncak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga sampai dipuncak melewati estimasi waktu.

Gunung Wilis Tak Hanya Memiliki 1 Puncak

Pendakian Gunung Wilis lewat Kandangan Madiun
Pemandangan dari jalur pendakian Gunung Wilis Via rezoneteamexplorer.wordpress.com

Selain itu ada hal menarik lain dari si gunung ini. Jika biasanya sebuah gunung hanya memiliki satu puncak. Gunung Wilis lebih dari itu. Kamu harus tahu jika Gunung Wilis ternyata punya empat puncak sekaligus. Yaitu Puncak Batas, Puncak Tawang, Puncak Kandang dan yang paling tinggi adalah puncak Ngliman. Dipuncak ini lah ketinggian Gunung Wilis ditentukan sehingga tercatat menjadi gunung dengan ketinggian 2562 mdpl.

Gunung Wilis memang masih perawan. Keasrianya mutlak mesti kita jaga bersama. Akan tetapi, mengeksplorasinya memang tak ada salahnya, selama tak merusak alam dan mengganggu para penghuni asli gunung tersebut. Bahkan, tak ada salahnya jika gunung ini dijadikan simbol wisata baru bagi enam kabupaten yang memilikinya. Sebab, memang segala potensi alam yang dimiliki Gunung Wilis sangat layak untuk ditunjukan kepada khalayak ramai.

(Sumber Gambar Utama: rezoneteamexplorer.wordpress.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here