Madiunae. Kalau bicara wisata alam, pasti yang terbayang adalah pedesaan, gunung, atau perbukitan yang jauh dari suasana perkotaan. Tapi jika kamu berkunjung ke Madiun, kamu bakalan menemukan sesuatu yang berbeda. Ya. Di Kota Madiun ada sebuah destinasi wisata alam di tengah kota loh, Trembesi namanya. Tempat ini baru dibuka pada 23 Juni 2017. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini dipenuhi tumbuhan Trembesi yang tumbuh subur dan menjulang tinggi. Lalu apa keunikan tempat ini? Bukan hanya berisi pohon Trembesi yang membosankan. Ada banyak hal yang akan kamu temukan di wisata Trembesi Madiun ini.

Baca Juga:

Tak Hanya Malang, Madiun Juga Punya Kampung Wisata Ini

Lika-Liku Sejarah, dan Kayanya Corak Batik Khas Madiun

Di tempat ini sudah disediakan beberapa spot foto yang patut dicoba dan tentunya instagrammable banget. Kamu juga bisa mengambil foto di spot yang lain. Ada yang unik di tempat ini yaitu meja dan kursinya. Unik bagaimana? Unik karena dibuat dari kayu Trembesi itu sendiri. Sebuah kayu Trembesi dipotong dan dihaluskan lalu disatukan sesuai rencana hingga membentuk sebuah meja dan kursi. Kalau kalian lupa membawa makanan ke tempat ini jangan khawatir, disini juga ada warung makannya kok. Silahkan menikmatinya di kursi panjang ini.

taman Trembesi Madiun
Image: Taman trembesi Madiun via Madiunae/Aprianing Dwi

Selain meja dan kursi, ada juga kursi gantung. Mungkin anda juga bisa menyebutnya ayunan juga. Kenapa? Karena struktur kursi gantung ini sebenarnya benar benar mirip dengan ayunan. Kursi gantung ini juga terbuat dari kayu Trembesi loh. Barang barang disini memang serba terbuat dari Trembesi, karena memang Trembesi lah point utama dan keunikan dari wisata “hutan mini” ini.

Anak-anak pasti akan sangat senang berada disini karena areanya yang cukup luas. Anak anak dapat berlari larian menikmati suasana yang sejuk meskipun kawasan Trembesi tidak berada di desa maupun di kaki gunung. Bagi para remaja yang suka berfoto, Trembesi ini cocok jadi tempat selfie. Pemandangannya tak kalah indah dengan daerah pegunungan. Orang dewasa maupun lansia juga dapat bersantai menghabiskan waktu di tempat ini selama weekend. Hitung hitung sebagai refreshing, dari pada harus berdiam diri di rumah. Tempat ini memang cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Begitu memasuki pintu masuk, udara sejuk ala pegunungan sudah menyambut kita. Cukup terasa perbedaan didalam kawasan dengan diluar kawasan Trembesi. Perlu kalian ketahui, tumbuhan trembesi disini sudah berusia puluhan tahun, daunnya dapat menjadi atap kawasan ini, menyaring sinar matahari yang menyengat tajam ketika siang hari.

Apa hanya itu yang terdapat di Trembesi? Tidak dong. Ada arena bermain yang menarik untuk dicoba dari anak kecil hingga dewasa.

Mari simak apa saja yang tersedia di  wisata Trembesi Madiun ini :

1. Paint Ball

wisata trembesi madiun
Image: Paint Ball di Wisata Trembesi Madiun via Madiunae/Diva

Di Trembesi ini terdapat arena Paint Ball. Kita dapat melatih konsentrasi untuk menembak target dengan peluru tinta. Kita juga bisa bersaing dengan kawan untuk menembak target paling banyak. Akan menyenangkan kalau bermain bersama dengan kawan maupun keluarga. Bagi para remaja dengan daya imajinasi yang tinggi, mungkin mereka bisa merasakan rasanya menjadi seorang sniper handal yang sering mereka jumpai di film-film action. Atau bahkan orang dewasa yang juga ingin merasakan keseruan menembak target, pasti akan seru dan menyenangkan.

2. Flying Fox

wisata trembesi madiun
Image: Flying Fox via Madiunae/Diva

Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata Flying Fox ya kan? Di kawasan yang penuh pohon Trembesi ini kurang lengkap kalau kamu belum nyobain berayun melewati pohon pohon itu. Dijamin seru deh. Menguji mental untuk berani menghadapi ketinggian. Nah.. buat kalian yang anti banget sama yang namanya ketinggian, disini kalian bisa nyobain tuh karena tempat memulai Flying Fox nya tidak terlalu tinggi, jadi jangan takut nyobain Flying Fox disini. Tidak terlalu tinggi namun cukup panjang jaraknya sekitar 70 meter

3. Archery

Kalian pasti udah pernah denger kata panahan kan? Nah, buat sedulur yang penasaran ingin nyobain gimana rasanya memanah target seperti atlet panahan, bisa dicoba nih disini. Jarak antara tempat memanah dan target tidak terlalu jauh, jadi masih mudahlah bagi para pemula. Sebaiknya anak kecil jangan nyobain ya selain belum bisa, juga hal ini cukup berbahaya jika dicoba oleh anak kecil. Bisa saja bagian tajam dari anak panah melukai bagian tubuh si anak. Ukuran panah di tempat ini tidak sebesar milik para atlet yang biasa kalian lihat. Tapi tak apalah menambah pengalaman bagaimana rasanya menjadi atlet panahan dalam sesaat ya kan?

4. ATV

Lokasi Trembesi ini cukup luas loh sedulur. 2000 meter persegi luasnya. Cukup luas bukan? Nah bagi kalian yang ingin berkeliling di kawasan Trembesi ini tapi takut kelelahan berjalan, ada salah satu cara untuk menikmati indahnya suasana Trembesi. Yaitu dengan cara menaiki ATV. Akan menyenangkan kalau kalian berkeliling ramai-ramai.

Nah seru banget kan. Dengan dibukanya kawasan wisata Trembesi Madiun ini dapat menambah weekend list para wisatawan yang suka dengan tempat bernuansa alam tetapi malas pergi jauh-jauh di desa mengingat lokasi Trembesi yang berada di tengah kota. Untuk harga tiket masuk, tidak usah khawatir, sangat terjangkau di kantung kok hanya Rp 2,500 per orang dan untuk wahana hanya Rp 15,000/orang sampai Rp 25,000/orang.

Jalur menuju kawasan Trembesi ini juga tidak terjal dan mudah dilewati kendaraan apapun. Jalan utama menuju kawasan ini sudah diaspal kok, tenang saja. Lokasinya juga mudah ditemukan, tidak terlalu masuk ke sebuah area. Karena memang lokasinya di tengah kota Madiun, tepatnya di Jl. Rimbakaya, Kartoharjo, Kota Madiun. Tertarik untuk berkunjung kemari? Jadi kapan kita piknik sedulur?

Gambar Utama: Madiunae/Aprianing Dwi

Editor: Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here