Madiunae – Wisata Waduk Widas. Sebuah tempat wisata biasanya memiliki fungsi untuk berekreasi. Tentu, itulah hal yang paling utama. Akan tetapi, ada juga tempat wisata yang menawarkan nilai lebih yang tak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi semata. Melainkan juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat luas. Salah satu tempat wisata yang punya fungsi tersebut adalah waduk. Ya, sebagaimana kita tahu. Waduk memiliki fungsi untuk menampung air. Kemudian mengalirkannya untuk kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Akan tetapi, waduk akan selalu memiliki sisi menariknya tersendiri. sisi cantik yang akan selalu tempat untuk dijadikan lokasi piknik. Karena itulah banyak waduk di Indonesia yang juga berfungsi sebagai empat wisata. Salah satu yang terbaik ada di Madiun. Namanya Waduk Widas.

Baca Juga:

Melihat Lebih Dekat Panorama Indah Si Cantik Gunung Wilis

Ngga Perlu Jauh-Jauh, Mau Wisata Alam Kini Bisa di Tengah Kota Madiun

Sebetulnya waduk ini memiliki berbagai macam sebutan. Ada yang menyebut Widas ada juga yang menyebut Waduk Kali Bening atau Waduk Bening. Apapun sebutannya waduk ini akan menawarkan pemandangan yang cukup eksotis. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah birunya air yang sesekali diterpa cahaya matahari. Indah betul. Orang Madiun memang harus banget berkunjung kesini. Kenapa? sebab sebagaimana kita tahu, Madiun adalah kota yang terletak di tengah provinsi Jawa Timur. Tak ada pantai dan laut disana. Jadi untuk menikmati kecantikan laut orang-orang Madiun mesti pergi ke Pacitan, Trenggalek ataupun Tuban. Tapi, hal itu bisa sedikit terobati jika pergi dan berwisata ke Waduk Widas ini

Wisata Waduk Widas
Image: Banana Boat di Wisata Waduk Widas Kabupaten Madiun via madiunpunyakita.blogspot.co.id

Kamu yang berkunjung kesini tak hanya bisa menikmati waduk widas ini dari tepiannya saja. Betul, disini kamu bisa menaiki perahu boat untuk dapat menyusuri setiap sisi yang cantik dari waduk ini. Untuk naik boat ini memang dikenakan biaya. Tapi, tenang tak sampai menguras kocek ko. Selain perahu boat. Ada juga permaian lain yang pastinya bisa kamu coba. Salah satunya adlah banana boat.  Jika biasanya permainan ini dilakoni di laut, Di Waduk Widas ini, banana boat juga tersedia untuk para pengunjung menguji adrenalin. Jadi, siap-siap ya pegangan yang kencang agar tidak cepat-cepat tercebur kedalam waduk ini.

Masih banyak fasilitas permaianan lainnya. Kalau kamu suka outbond. Maka disini juga difasilitasi kok. Ada permainan flying fox disini. Kamu dapat meluncur dari ketinggian sembari menatap waduk yang memang punya keindahan istimewa tersebut. Nah, selain itu untuk kamu yang juga hobi mancing. Maka waduk inilah surganya. Meski waduk adalah danau buatan. Tapi nyatanya disini kita dapat menjumpai berbagai macam jenis ikan air tawar yang siap ditangkap. Jadi, jangan salah jika berkunjung kesini, kamu akan melihat banyak orang yang memancing di Waduk Widas ini.

wisata waduk widas madiun
Image: Pemandangan Waduk Bening Widas via itaandy.blogspot.com

Disalah satu sisi dari wisata Waduk Widas ini. Ada sebuah hutan yang keasriannya masih sangat terjaga. Sebuah lokasi yang sangat cocok untuk berkemping. Kebayangkan kemping disebuah hutan asri dipinggir waduk. Ketika pagi, dan saat buka tenda maka kesejukan sudah pasti terasa, dan pemandangan air waduk yang terpapar sinar matahari pagi bakal buat kamu tidak akan pernah melupakan momen tersebut.

Di Waduk Widas ini. setiap tahun kerap diadakan event rutin tahunan. sebuah event kebudayaan yang memang sengaja digelar di waduk ini. Nama eventnya adalah larung sesaji. Kamu bisa lihat bagaimana waduk ini akan dipenuhi orang untuk sekedar melestarikan sebuah kebudayaan. Jadi, kalau memang berminat untuk nonton event itu. Mulai dari sekarang coba-coba kroscek jadwal event yang bakal digelar oleh pemerintah daerah Madiun. Barangkali larung sesaji sudah tertera disana.

Lokasi Wsata Waduk Widas

wisata waduk widas
Image: Suasana Waduk Widas via indi2101.blogspot.com

Waduk Widas ini pertama kali dibangun pada tahun 1976 dan sah diresmikan pada lima tahun berikutnya. Waduk Widas memiliki luas sekitar 860 KM persegi dan saat ini dikelola oleh Perum Jasa Tirta.  Dari pusat Kota Madiun kamu mesti berjalan kurang lebih 40 Km kearah utara. Tepatnya di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Bisa dibilang waduk ini terletak diperbatasan antara Kabupaten Madiun dengan Kabupaten Nganjuk.

Tiket Masuk Wisata Waduk Widas

Untuk masuk kawasan waduk Widas kamu hanya dikenakan biaya RP. 7.500,- untuk dua orang di hari biasa. Dan Rp. 10.000,- untuk dua orang dihari libur ataupun akhir pekan.  Selain menawarkan pesona yang indah. Sudah dapat dipastikan waduk ini juga memberikan suplai air yang sangat berguna bagi warga sekitar.

Gambar Utama: madiunpunyakita.blogspot.co.id

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here